Sabtu, 24 September 2011

Mulailah dari yang Kanan

Kata ayah,  jika saya ingin minum madu itu baiknya dicampur air dan diaduk pakai sendok kayu atau plastik, terus mengaduknya dari kanan ke kiri berlawanan dengan arah jarum jam.
… hmmm kenapa harus dari kanan kekiri yah ?  

Yuk kita lihat Fenomena yang ada …



Gambar putaran angin ini berlawanan arah dengan jarum jam, ia berputar dari kanan ke kiri. Terus entah memang kebetulan atau tidak saya lihat gambar lomba lari itu ternyata juga dari kanan ke kiri, hehehe..mungkin ga semuanya, tapi balap sepeda, balap nascar, mungkin pelaku roda roda gila di tontonan orang orang pingiriran juga dari kanan ke kiri, sama seperti arah putaran komedi putarnya.



 

Kemudian saya teringat waktu SMP dulu paman saya pernah berkata 'Stir mobil itu berbentuk lingkaran, dan disini terletak disebelah kanan kendaraan, mungkin disengaja atau tidak ternyata power stiring itu membuat otomatis kemudi berbelok kearah kiri. Oleh karena itu jika sopir itu kaget dan reflek, maka ia akan membanting stir dari arah kanan ke arah kiri. Coba kalau kebalikannya...apa yg terjadi? 



 Hmm..semakin menggelitik penasaran saya, kenapa semua hal itu harus diawali dari kanan ke kiri...? Baca qur'an yang tulisannya ditulis dari kanan ke kiri, otomatis bacanya juga dong. Kemudian jika kita lagi liqo, baca bergilirannya pun dari kanan ke kiri pulan. Salaman setelah shalat berjamaah saja juga dari kanan ke kiri. Memakai apapun dianjurkan dimulai dari kanan ke kiri. Adakah yang lain? ..pasti masih banyak, salah satunya adalah thawaf dalam ibadah haji. Jamaah semua berputar mengelilingi ka'bah dari kanan ke kiri.


Thawaf. Hmm..ternyata semua putaran yang sesuai itu seperti thawaf. Berputar dari kanan ke kiri. Coba lihat arah putaran bulan terhadap bumi! atau putaran planet-planet terhadap matahari. Arah putaran elektron-elektron pada atom dari kanan kek kiri.


Bahkan arah putaran Galaksi-galaksi dijagad raya ini berputar dari arah kanan ke kiri. Ya galaksi...mengitari sesuatu yang menjadi pusat thawaf mereka.


 
Kawan, mudah-mudahan semua hal diatas menjadi penambah keimanan kita kepada Allah SWT  Yang Maha Menggerakan, Yang telah menentukan segala sesuatunya dengan Maha Sempurna. Termasuk Arah putaran dan manjilah-manjilah disemesta ini. Segala sesuatu itu telah ada takdirnya tersendiri. Wallahu'alam Bishawab.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More