Minggu, 02 Oktober 2011

Pintu -pintu Syaitan

Hati itu diibaratkan sebuah benteng, sedang setan adalah musuh yang hendak menyerang ke dalam benteng untuk menguasai dan merebutnya. Benteng tidak akan terlindungi kecuali dengan menjaga pintu-pintunya. Jadi seorang tidak bisa mengusir setan kecuali dengan mengetahui pintu-pintu masuk yang dilewati setan. Pintu-pintu masuk ini adalah sifat-sifat manusia. Pintu-pintu besar yang sangat mudah diterobos oleh setan adalah sebagai berikut :
1. Iri, dengki dan ambisi. Ketika seseorang berambisi terhadap sesuatu, maka ambisi itu membuatnya menjadi buta dan tuli. Begitu juga dengan dengki, merupakan pintu yang bisa dengan mudah dilewati setan. Apapun yang hendak dicapai oleh orang yang ambisius, segala cara akan dilakukan untuk meraihnya.
2. Amarah, syahwat dan keras hati. Iblis pernah berkata, “Jika manusia keras hati, maka kami bisa membaliknya seperti anak kecil yang membalik bola”. Dengan gampang setan bisa mengendalikan manusia.
3. Suka memperindah rumah, pakaian dan perabotan rumah tangga. Keinginannya selalu merubah tembok, atap ataupun pagar yang masih bagus. Berpakaian selalu yang baru, perkakas rumah selalu yang terbaru.
4. Kenyang, karena perut yang kenyang membuat orang jadi malas.
5. Tamak terhadap orang lain. Dia akan memuji orang secara tidak proporsional, cari muka, tidak menyuruh amar ma’ruf nahi mungkar.
6. Terburu-buru, tidak berhati-hati dan tidak memiliki keteguhan hati.
7. Cinta harta. Jika cinta kepada harta sudah bersemayam dalam hati, akan mendorong orang untuk mencari harta dengan cara yang tidak baik. Bersifat kikir, takut miskin dan malas mengeluarkan hak yang diwajibkan.
8. Mengajak orang awam kepada fanatisme mazhab, tanpa melaksanakan amalan yang semestinya.
9. Membawa orang awam kepada pemikiran tentang Zat Allah, sifat-sifatNYa dan masalah yang sebenarnya diluar jangkauan akal mereka.
10. Buruk sangka terhadap sesama muslim.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More